Jasa Pembuatan SKK SBU Online

Bagaimana Cara Mendapatkan ISO 9001? Simak Panduannya Disini

Seiring dengan banyaknya pertanyaan tentang bagaimana cara Mendapatkan ISO 9001, maka artikel ini akan memberikan gambaran pengurusan tersebut. Nah, ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan untuk bisa mendapatkan ISO.

Apa itu ISO? International Standard of Organization atau ISO merupakan sebuah standar dengan skala internasional yang mengatur berbagai hal seperti Manajemen Lingkungan, Standar Manajemen Mutu dan sebagainya.

Cara Mendapatkan Sertifikat ISO 9001
Cara Mendapatkan Sertifikat ISO 9001

Apa Itu ISO 9001?

ISO 19001 adalah bagian dari keluarga Sistem Standar Manajemen Mutu rancangan ISO untuk membantu perusahaan dalam memastikan bahwa perusahaannya dapat memenuhi kebutuhan pelanggan sesuai produk baik barang atau jasa yang ditawarkannya.

Melalui cara mendapatkan ISO 9001:2015, diharapkan dapat mewujudkan tujuan serta meningkatkan dan dapat bersaing di ranah pasar yang lebih luas. Hingga saat ini, jutaan perusahaan di seluruh dunia telah melakukan sertifikat ISO 9001.

Sedikit tambahan, ISO 9001 pertama kali diterbitkan pada tahun 1986. Dalam kurun waktu empat dekade sejak kelahirannya, ISO 9001 pun telah beberapa kali mengalami perubahan, baik minor maupun mayor.

Baca Juga : Sub Bidang SBU 2022

Berikut Cara Mendapatkan ISO 9001

Kehadiran ISO sebagai sebuah peraturan atau standar perusahaan menjadi indikator bagaimana perusahaan tersebut bertanggung jawab kepada konsumen, produk bahkan pekerjanya.

ISO sendiri memiliki beberapa jenis seperti 14001, 17025, 22000, 27001 dan 9001. Kemudian untuk mendapatkan sertifikasi ISO, langsung saja Anda simak langkah-langkah yang harus dipersiapkan yaitu sebagai berikut.

1.Membangun Niat dan Komitmen

Perusahaan Anda harus membangun niat dan berkomitmen untuk menerapkan Sistem Manajemen ISO serta memastikan bahwa standar ISO yang dipilih sudahlah tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Perlu diingat, untuk mendapatkan sertifikasi ISO, disarankan sebuah perusahaan telah melakukan kegiatan usaha minimalnya 3 bulan. Karena dalam kurun waktu tersebut, perusahaan sudah memiliki sistem yang dapat dijadikan indikasi untuk penilaian ISO.

Persyaratan ISO 9001 ini dilakukan untuk menilai apakah badan usaha sudah stabil atau belum dalam menjalankan roda bisnis.

2. Menghubungi Konsultan

Sama halnya dengan cara mendapatkan ISO 9001, ISO 22000 atau lainnya. Selanjutnya Anda perlu menghubungi konsultan ISO untuk membantu proses pengurusan sertifikat.

Sedikit saran, akan ada baiknya jika perusahaan Anda bekerjasama dengan jasa konsultan ISO yang berpengalaman dan lebih profesional untuk menjelaskan strategi implementasi serta memantau kesesuaiannya.

3. Lakukan Gap Analysis

Mulailah dengan menganalisis apa saja sistem yang belum ada di perusahaan Anda. Tetapkan struktur organisasi, kebijakan, manual mutu, prosedur kerja, job desk, KPI dari masing-masing departemen di dalam organisasi.

Lakukan pengecekan berkala untuk memastikan Gap analysis dilakukan dengan menyeluruh dan tidak ada bagian yang tertinggal. Lengkapi kekurangan yang ada dan mulailah menerapkan sistem baru dengan regulasi sesuai ISO yang akan diurus.

4. Bentuk Tim ISO yang Terbaik

Berbagai hal bisa berjalan dengan baik apabila Anda memiliki tim yang sangat bisa diandalkan. Buatlah tim yang terdiri dari ketua proyek dan anggota tim yang tepatĀ  untuk mengimplementasikan sertifikat ISO.

Di dalam satu tim minimum terdiri dari dua anggota yang salah satunya harus diisi pimpinan departemen atau top management. Hal tersebut bertujuan sebagai pemenuhan fungsi leadership.

5. Melakukan Training ISO

Cara Mendapatkan ISO 9001 perusahaan selanjutnya dengan menentukan waktu untuk melaksanakan training ISO untuk seluruh karyawan meliput Training Dokumentasi, Training Awareness (pengenalan) dan Training Internal Audit.

Tujuan training ISO adalah untuk memberikan kepercayaan diri serta menambah wawasan untuk membantu dalam proses penerapan standar ISO, dengan mengikuti training ISO akan memberikan hasil yang maksimal.

6. Membuat Dokumentasi Selama Pengurusan ISO

Ketika Anda meninjau persyaratan untuk dokumentasi, berikanlah perhatian khusus pada persyaratan organisasi untuk mengidentifikasi dokumen yang diperlukan untuk sistem, proses produk atau layanan.

Tetapkan pedoman untuk mengidentifikasi proses tertentu yang membutuhkan dokumentasi sebagai bagian dari pengecekan dan pemantauan progres sebagai salah satu cara mendapatkan ISO 9001.

Dokumentasi memberikan gambaran kepada perusahaan mengenai regulasi apa saja yang sudah diterapkan dan bagaimana pengaruhnya, serta apa saja yang masih kurang dan harus diperbaiki.

7. Implementasi Sistem Manajemen ISO

Terapkan standar ISO minimal tiga bulan untuk memastikan seluruh partisipan yang terlibat telah memahami, mematuhi dan menjalankan regulasi tersebut. Selain itu, agar konsultan ISO bisa menilai dan melihat perkembangannya.

Standar ISO seperti 9001 dan 45001 dirancang untuk umum, berlaku untuk organisasi dari semua ukuran sektor industri dan mampu memberikan kerangka untuk proses Manajemen yang baik serta menentukan hal-hal yang perlu dimasukkan.

8. Memilih Badan Sertifikasi ISO

Cara mendapatkan ISO 9001 berikutnya dengan memilih badan sertifikasi ISO. Sangat penting bagi pemimpin untuk memahami sejumlah hal ketika menandatangani kontrak untuk melanjutkan ke badan sertifikasi ISO.

Di Indonesia, umumnya badan sertifikasi ISO diaudit oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Tugas mereka adalah memastikan kompetensi serta kemampuan untuk menjaga ketidakberpihakan dan independensi.

9. Melakukan Pengawasan dan Audit Berkala

Setelah Anda menerapkan sertifikasi ISO, Anda tidak bisa lantas berpuas diri. Anda harus tetap melakukan sosialisasi kepada seluruh karyawan, pengawas dalam penerapan, serta internal Audit yang berfungsi sebagai tolak ukur yang terdapat dalam ISO.

Biaya sertifikasi ISO sendiri tergantung dengan penerapan tiap-tiap perusahaan dan penggunaan jasa eksternalnya. Setelah Audit sertifikasi, badan sertifikasi ISO akan melakukan Surveillance Audit yang dilakukan selama 6 bulan atau setahun sekali.

Penutup

Itulah kiat-kiat cara mendapatkan ISO 9001 bagi Anda yang belum menerapkan peraturan ini sebagai standar berskala internasional di perusahaan Anda. Semoga artikel kali ini bisa membantu Anda, sekian dan Terima kasih.

Gujjar.org merupakan sebuah laman Jasa Pembuatan SKK SBU Online. Pelayanan Maksimal Untuk Anda.

Alamat

Hubungi kami
Ada yang bisa kami bantu?
Ada yang bisa kami bantu ?