Konsumsi Beberapa Makanan Ini untuk Mengatasi Mual Saat Hamil

Mual dan muntah merupakan salah satu gejala menandai kehamilan. Kondisi ini pada umumnya dirasakan pada awal kehamilan hingga pada trimester awal saat ibu hamil. Gejala ini sendiri akan sangat mengganggu karena dapat merasakan mual dalam waktu yang sering. Hal tersebut terutama akan dirasakan wanita hamil pada pagi hari atau yang disebut sebagai morning sickness. Bagi ibu hamil yang mengalami mual dan muntah yang parah juga nantinya akan mengalami penurunan nafsu makan karena nantinya akan muntah ketika mencoba makan sesuatu, sehingga hal tersebut akan sangat mengganggu kesehatan ibu hamil. Adapun untuk mengatasi mual saat hamil tersebut, salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat mengurangi mual. Beberapa contoh makanan yang bisa dikonsumsi adalah sebagai berikut ini:

  1. Biskuit
    Pilihan makanan terbaik yang bisa dikonsumsi selama masa trimester awal kehamilan atau ketika masa mual dan muntah saat hamil adalah biskuit. Makanan ini baik dikonsumsi karena mengandung kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga dapat untuk mengatasi rasa mual ketika pagi hari. Selain itu kandungan karbohidrat juga bisa digunakan sebagai simpanan tenaga yang dibutuhkan untuk ibu hamil. Biskuit juga dapat untuk menyerap asam di lambung yang dapat untuk mengurangi rasa mual yang dirasakan pada awal kehamilan.
  2. Yoghurt
    Makanan selanjutnya yang baik untuk dikonsumsi adalah yoghurt yang memang baik untuk kesehatan. Makanan ini juga baik untuk ibu hamil yang mengalami muntah dan mual karena dapat untuk menetralisir mual dengan rasa yoghurt yang manis dan asam. Yoghurt juga menjadi makanan yang baik dikonsumsi selama kehamilan karena dapat untuk memperbaiki sistem pencernaan dan menenangkan perut ketika ibu hamil mengalami mual. Ketika memilih yoghurt, ibu hamil disarankan untuk memilih yoghurt yang tidak menggunakan kandungan gula tambahan, dari susu pasteurisasi rendah lemak, dan juga yang mempunyai rasa tidak terlalu asam bahkan lebih baik memilih plain yoghurt.
  3. Buah
    Ibu hamil yang mengalami mual juga disarankan untuk banyak mengkonsumsi buah yang baik untuk kesehatan. Adapun untuk pilihan buah yang bisa dikonsumsi ibu hamil adalah pisang yang bisa meredakan mual dan muntah secara efektif. Ibu hamil juga bisa memilih pepaya yang juga turut membantu melancarkan pencernaan. Apel yang mempunyai kandungan tinggi serat dan juga lemon yang bisa menenangkan perut dan mengurangi mual. Ketika mengkonsumsi buah tersebut sebaiknya tidak menggunakan gula atau tambahan lainnya ketika dibuat jus sehingga tetap sehat untuk dikonsumsi ibu hamil.
  4. Kacang almond
    Selain buah, makanan selanjutnya yang baik untuk ibu hamil untuk mengurangi mual dan muntah yang efektif adalah kacang almond. Hal tersebut karena cemilan yang sehat ini mempunyai kandungan riboflavin yang dapat untuk mengurangi stress berlebihan yang dirasakan oleh ibu hamil. Sehingga nantinya hal tersebut akan dapat untuk mengurangi rasa mual dan muntah pagi hari yang dirasakan oleh ibu hamil.
  5. Jahe
    Makanan terakhir yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi mual saat hamil adalah jahe. Bahan ini sangat baik dikonsumsi karena mengandung zat antiemesis alami yang dapat untuk mengurangi rasa tidak nyaman karena morning sickness yang dirasakan ibu hamil. Selain itu jahe yang dikonsumsi juga akan dapat untuk membuat mood ibu hamil lebih baik. Adapun untuk cara mengkonsumsi jahe adalah cukup dibuat minuman hangat ataupun memilih permen rasa jahe sebagai cemilan.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *