Pulau Buatan Yang Menakjubkan

Pulau Buatan Yang Menakjubkan

Setiap negara di seluruh dunia menyimpan keindahan tersendiri yang terdiri dari berbagai pulau-pulau yang indah. Beberapa wisatawan pecinta traveling mengincar pulau-pulau tersebut sebagai tujuan wisatanya. Para traveling mengelilingi dunia untuk menemukan pulau-pulau terindah yang belum pernah mereka datangi sebelumnya.
Salah satu penulis novel dari negara Inggris berjulukan Ledsy Thomas menuangkan pengalaman pribadinya mengunjungi pulau-pulau indah ke dalam sebuah novel karyanya. Namun terdapat beberapa pulau indah yang sengaja dibuat oleh tangan–tangan manusia, sehingga menjadi sebuah objek  wisata yang menakjubkan.

Nah, Apa saja pulau-pulau buatan tersebut? Berikut informasinya :

1.    The World Islands di Uni Emirat Arab

Merupakan sekumpulan pulau yang tediri dari 300 pulau buatan manusia yang bentuknya mirip peta dunia yang dibangun di lepas pantai kota Dubai ibu kota Uni Emirat Arab. Keberadaan pulau ini merupakan salah satu dari banyak sekali proyek pulau buatan di Dubai yang menggunakan pasir-pasir dari hasil kerukan di dasar laut. Cara mendapatkan pasir tersebut dengan cara mengeruk perairan pantai yang dangkal di bahari Dubai. Seorang pemimpin Dubai Sheikh Mohammed Bin Rashid Al Maktoum yang merupakan pembuat inspirasi spektakuler ini dibantu oleh Nakheel Properties. The World Islands ini didirikan di teluk persia atau sekitar 4 km di lepas pantai Dubai. setiap pulaunya berukuran 23 hingga 84.000 m2.
Pulau ini mulai dibangun sejak tahun 2004 silam. Pembangunan ini mencakup lebar 6 km dan panjang 9 km yang dikelilingi dengan pemecah gelombang oval. Pembangunan proyek besar ini telah menelan dana hingga dengan 14 miliar USD atau lebih dari 181 Triliun Rupiah yang mana untuk setiap pulaunya dihargai dengan nilai 15 hingga 45 juta USD dan apabila dikonversi ke dalam rupiah menjadi 200 hingga 600 miliar rupiah. Dikabarkan bahwa beberapa selebriti dunia yang tertarik membeli pulau buatan tersebut yaitu David Beckham, Michael Schumacher, Tommy Lee Jones dan beberapa selebriti TOP lainnya.

2.    Palm Island di Uni Emirat Arab

Selanjutnya masih di negara Uni Emirat Arab yang kali ini berjulukan Palm Island. Sekilas Palm Island hampir sama dengan The World Island yaitu pulau buatan yang letaknya berada di Kota Dubai. Yang membedakannya terlihat dari bentuk pulaunya. Jika The World Island berbentuk peta dunia maka Palm Island berbentuk pohon palm. Palm Island menjadi salah satu objek wisata populer yangterdiri dari Palm Jumeirah, Palm Jebel Ali dan Palm Deira. Bentuk dari Palm Jumera mirip pohon palm yang mana bila dilihat dari atas maka bentuknya terdiri dari satu batang dan 17 tangkai.
Sedangkan dipinggirnya terdapat pulau yang bentuknya mirip sabit yang mempunyai panjang sekitar 11 km dimana pulau ini berfungsi sebagai pemecah gelombang. Setelah Palm Jumeirah tamat maka akan dilanjutkan dengan membangun Palm Jebel Ali yang bentuknya sama persis. Kedua pulau ini rencananya akan dijadikan sebagai rumah hunian, sentra hunian pribadi, dan sentra hiburan di Dubai.

3.    Ile Aux Cygnus di Perancis

selanjutnya yaitu Ile Aux Cynnus. Pembangunan Ile Aux Cynnus dibuat pada Abad ke 18 yaitu tepatnya pada tahun 1827. Saat anda berada di daerah ini maka anda akan menemui Replika Patung Liberty mirip yang berada di New York Amerika Serikat. Yang unik yaitu bahwa patung replikasi tersebut dibentuk menghadap ke arah Patung Liberty yang bekerjsama berada di Amerika Serikat. Pulau buatan ini ukurannya sangat kecil yaitu 850 m dan lebar 11 m yang terdapat 3 buah jembatan penyeberangan.

4.    The Thums Island di Amerika Serikat

Pulau ini yaitu salah satu pulau buatan yang berada di Teluk San Pedro di Lepas Pantai Long Beach di California. The Thums Island dibangun pada tahun 1965 yang merupakan gerbang pembuka menuju penambangan. Sebanyak 640.000 ton kerikil kasalina island dibentuk untuk memagari Pulau ini. Lalu di bagian tengah pulau diisi dengan 3,2 juta meter kubik material hasil kerukan pribadi dari teluk.

Nah itu tadi berita seputar Pulau Buatan Yang Menakjubkan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua, terutama bagi anda yang sangat menggemari traveling. Sampai berjumpa lagi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *